Mesin Pencari Google

Monday, November 5, 2007

HYPNOSIS SEBAGAI INTERVENSI KEPERAWATAN MANDIRI

Hypnosis saat ini merupakan area abu-abu. Artinya setiap orang secara bertanggung jawab bisa mengembangkannya. Hypnosis dalam keperawatan tercantum dalam label NIC (Nursing Intervention Classification), menjadi menarik saat didiskusikan dalam masalah keperawatan apa sajakah hypnosis dapat digunmakan?
Dalam buku NANDA (North American Nursing Diagnosis Association) linkage, menyebutkan area masalah keperawatan pasien yang dapat diatasi dengan intervensi hypnosis diantaranya: intoleransi aktifitas, cemas, takut, perubahan gambaran diri dan beberapa yang lainnya.
Penulis dan teman-teman di RSU Banyumas mencoba mengaplikasikan dalam masalah nyeri akut maupun kronis dalam skala nyeri sedang ke bawah, melihat hypnosis sangat eektif untuk mereduksi nyeri. Dan yang terpenting, merubah persepsi pasien terhadap nyeri sehingga pasien sangat kooperatif untuk mengurangi intervensi farmakologis. Beberapa kasus, kami mengaplikasikan hypnosis sebelum induksi anastesi pra-pembedahan, hypnosis efektif untuk mengurangi kecemasan dan mengurangi jumlah obat yang diguanakan.
Artinya kita melihat, hypnosis memang cukup efektif, dan mempunyai prospek untuk dikembangkan dalam intervensi keperawatan mandiri lebih luas melalui riset keperawatan. Anda tertarik?
Jika anda termasuk orang yang tertarik untuk belajar hypnosis, anda bisa menghubungi kami untuk belajar bersama dengan biaya terjangkau. Silahkan anda menghubungi alamat kami:
email: eko_win77@yahoo.co.id atau telp di 0811260824. Atau datang saja ke RSU Banyumas Jl. RS No.1 Banyumas Jawa Tengah Telp/fax:(0281)796182

No comments: